SERANG RAYA

Temu Media, CJBI Bahas Potensi Wisata Banten : Menggali Kekayaan Alam dan Budaya

SERANG, Obornewsbanten.com – Collaborative Journalism Banten Indonesia (CJBI) melaksanakan acara temu media dengan tema “Mengeksplor Pariwisata di Banten” Pada Rabu (25/9/2024).

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Biro Adpim Provinsi Banten Beni Ismail, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Kemitraan Komunikasi Diskominfo Banten Akhmad Subhan Syafaat, Plt Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Banten Agus Setiawan dan para jurnalis CJBI dengan tujuan membahas upaya pengembangan sektor pariwisata di Provinsi Banten serta mempromosikan kekayaan alam dan budaya yang dimiliki.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum CJBI Famati Ndruru menyampaikan, bahwa Provinsi Banten memiliki potensi wisata yang luar biasa, mulai dari wisata pantai, gunung hingga situs-situs sejarah, namun potensi ini dinilai belum sepenuhnya dimanfaatkan secara maksimal.

“Oleh karena itu, kami CJBI berinisiatif mengadakan temu media sebagai upaya untuk mempromosikan dan menggali lebih dalam potensi pariwisata Banten,” jelas nya.

Famati berharap, melalui diskusi dan kolaborasi dengan media dan pemerintah, wisata Banten dapat lebih dikenal luas, baik tingkat nasional maupun internasional.

Dalam temu media ini, berbagai topik menarik dibahas, mulai dari pengembangan pariwisata berbasis komunitas lokal, strategi promosi wisata yang efektif, hingga potensi wisata berbasis budaya dan sejarah yang ada di Banten.

Plt. Kadispar Agus Setiawan menyampaikan, bahwa pemerintah daerah terus berupaya untuk mengembangkan infrastruktur wisata dan memperbaiki aksesibilitas ke berbagai destinasi.

“Kami juga fokus pada peningkatan fasilitas wisata yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, mengingat Banten memiliki potensi besar dalam wisata alam seperti ekowisata,” jelasnya.

Agus menambahkan, terkait tantangan dan peluang dalam mengembangkan industri pariwisata di Banten.

“Beberapa diantaranya menekankan pentingnya pelatihan dan pemberdayaan masyarakat lokal sebagai bagian dari pengembangan destinasi wisata,” harapnya.

Acara tersebut ditutup dengan sesi diskusi dan tanya jawab antara para peserta dan narasumber, yang diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi strategis bagi pengembangan pariwisata Banten ke depannya.

“CJBI menegaskan komitmen nya untuk terus mendukung promosi wisata Banten melalui media dan berbagai platform komunikasi lainnya,” tegas Agus.

Dengan diadakannya temu media ini, diharapkan pariwisata Banten semakin berkembang dan menjadi salah satu destinasi unggulan di Indonesia yang dapat menarik lebih banyak wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.(Patri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *