SERANG RAYA

Disporapar Kabupaten Serang Gelar Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2024

SERANG, Obornewsbanten.com – Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang akan menggelar Kejuaraan Antar Kampung (Tarkam) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Tahun 2024 pada 12 Oktober 2024. Kejuaraan Tarkam Kemenpora bertujuan untuk melihat potensi bibit atlet di beberapa cabang olahraga (cabor).

Kepala Disporapar Kabupaten Serang, Anas Dwisatya Prasadya, mengatakan digelarnya kegiatan Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2024 bertepatan dengan rangkaian Hari Jadi Kabupaten Serang ke-498 pada 8 Oktober 2024. “Kebetulan momennya HUT Kabupaten Serang jadi kita gabungkan. Di samping itu juga ada festival dan promosi desa wisata,”ujar Anas di sela Rapat Koordinasi Kejuaraan Tarkam Kemenpora di Aula Disporapar pada Kamis, 3 Oktober 2024.

Sekadar diketahui, selain Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2024, yakni Lomba Fun Run 5K, Voli Ball, dan Tenis Meja, Disporapar Kabupaten Serang juga secara bersamaan menggelar Lomba Senam SKJ dan Senam Sehat Bugar Kementerian Kesehatan (Kemenkes), serta Festival Desa Wisata dan Promosi Desa Wisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Anas berharap, rangkaian kegiatan tersebut bisa mewarnai Hari Jadi Kabupaten Serang ke-498 dari 15 lebih stand desa-desa wisata. Mudah-mudahan bisa tampil maksimal, terutama untuk pameran maupun untuk pertunjukan seni dan budaya. “Jadi ada 2 agenda di samping menampilkan hasil kerajinan maupun foto-foto destinasi wisata, mereka juga mudah-mudahan bisa menampilkan atraksi seni budaya yang bisa menambah daya tarik wisata,” ungkapnya.

Sedangkan untuk lomba senam, voli, dan tenis meja, Anas mengaku sudah mengirimkan surat kepada setiap kecamatan untuk mengirimkan tim dari setiap kecamatan. Kemudian untuk senam yang akan diikuti semua puskesmas se-Kabupaten Serang. “Kita sudah koordinasi dengan kepala dinas kesehatan untuk dapat berkolaborasi dalam menyelenggarakan lomba senam sehat ini,” ucapnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pemuda dan Olahraga Disporapar Kabupaten Serang, Pipih Rosvianthie, mengatakan untuk kegiatan Fun Run 5K dibuka untuk umum dengan syarat usia kurang dari 40 tahun, sedangkan Fun Run master dengan syarat usia di atas 40 tahun digelar pada 12 Oktober 2024 di Kecamatan Cikande bersamaan dengan kegiatan lainnya.

Kemudian untuk Lomba Voli dan Tenis akan digelar selama 2 hari, 12-13 Oktober 2024. Voli bertempat di Kecamatan Anyer, sedangkan Tenis Meja di Taktakan Kota Serang. “Semua kegiatan yang dibiayai oleh Kementerian berikut hadiah dan uang pembinaannya,”ujarnya.

Adapun untuk Senam SKJ Kemenpora dan Senam Sehat Bugar Kemenkes digelar bersamaan di Kecamatan Cikande yang akan diikuti semua Puskesmas se-Kabupaten Serang. “Sedangkan untuk festival desa wisata dan promosi desa wisata (program) Kemenparekraf, jadi semua Bidang Disporapar menjadi pelaksananya,”terang Pipih.

Turut hadir pada rakor tersebut Sekretaris Disporapar Kabupaten Serang, Beni Kusnandar, dan perwakilan OPD terkait di lingkungan Pemkab Serang.(Patri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *