SERANG RAYA

Pemkab Serang-UNISBA Teken MoU tentang Planologi

SERANG, Obornewsbanten.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang dan Universitas Islam Bandung (UNISBA) melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU). Penandatangan atau nota kesepahaman dilakukan oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan Rektor UNISBA Edi Setiadi di pendopo Bupati pada Rabu, 18 September 2024.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah atas nama Pemkab Serang berharap dengan hadirnya UNISBA untuk melakukan kerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) dan Jurusan Planologi langsung berjalan.

Tujuannya, DPUPR beserta jajarannya akan me-review rencana tata ruang wilayah atau RT/RW yang menyangkut ilmu jurusan Planologi, adalah ilmu yang mempelajari sebuah wilayah atau kota beserta unsur yang ada di dalamnya.

“Alhamdulillah UNISBA nanti akan mengirimkan dosen-dosennya bergabung dengan DPUPR untuk me-review RTRW yang dibutuhkan, misalnya potensi-potensi yang dibutuhkan kemudian ada apa, proyek strategis nasional, nanti kita menyesuaikan dengan pusat dan provinsi,”ujarnya kepada wartawan.

Tatu juga berharap kepada Rektor UNISBA untuk tidak berhenti menjalin kerja sama dengan Pemkab Serang melalui DPUPR. Namun, bisa melakukan kerja sama yang lainnya bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD). “Nanti kita gali apalagi yang akan bisa di kerja sama kan,”katanya.

Tatu mengungkapkan, dengan dilakukannya kerja sama dengan UNISBA lantaran Pemda Kabupaten Serang sangat terbuka. Terlebih seperti yang diketahui UNISBA untuk Jurusan Planologi sudah termasuk unggulan yang dilihat dari sisi tersebut maka dilakukan kerja sama.

“Pokoknya dengan kegiatan DPUPR mereview RT RW yang dibutuhkan pasti dari Jurusan Planologi, ini banyak ilmu yang bisa disampaikan ke PU dan bisa jadi saran masukan,”paparnya.

Rektor UNISBA Edi Setiadi mengatakan, point perguruan tinggi mempunyai tugas yakni tri dharma perguruan tinggi, pendidikan, pengajaran penelitian, dan pengabdian. Tiga tugas nilai yang bisa dikolaborasikan dengan berbagai pihak, seperti saat ini dengan Pemkab Serang di mana jadi tiga bidang perguruan tinggi itu yang akan dikembangkan.

“Pemda di sini butuh tenaga ahli, bidang pendidikan, ada penelitian, ada pengabdian. Pengabdian juga mungkin dosen-dosen kami bisa mengamalkan ilmunya di sini, mahasiswa kami juga bisa datang ke sini mengaplikasikan ilmunya. Jadi itu intinya, tiga bidang itu yang bisa mencakup semua aspek yang bisa di kerja sama kan dengan berbagai instansi,”ungkapnya.

Turut hadir Wakil Rektor V Ratna Januarita beserta Civitas Akademik UNISBA, Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda), Rudy Suhartanto, Kepala DPUPR YadiPriadi Rochdian, para Asda, Staf Ahli Bupati dan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkab Serang.(Patri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *