LEBAK

Buka Seba Baduy 2024, Sekda Lebak : Masyarakat Baduy Sebagai Tuntunan

Lebak, obornewsbanten.com – Rangkaian Seba Baduy 2024 resmi dibuka pada Kamis, 16 Mei 20204. Digelar selama empat hari atau sampai 19 Mei 2024, Seba Baduy 2024 ditargetkan mampu mendatangkan 40.000 wisatawan baik local, nasional maupun mancanegara untuk menyaksikan kemeriahan sekaligus kesakralan event tahunan masyarakat adat Baduy. Dipusatkan di Alun-alun Rangkasbitung, Seba Baduy 2024 juga dimeriahkan oleh gelar produk lokal dan gelaran seni budaya lainnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lebak Budi Santoso dalam sambutannya mengungkapkan filosofi tema “The Legacy Of Baduy” adalah warisan budaya Baduy yang harus kita jaga yaitu pikukuh yang ditetapkan turun temurun diantaranya adalah mensyukuri apa yang dimiliki dan menjaga kelestarian alam. Ia juga berterima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah mendukung kegiatan ini.

“Mari kita tunjukan kita sebagai tuan rumah yang baik, jadikan baduy hanya sekadar tontonan tapi jadikan Baduy sebagai tuntunan” kata Budi

Seba Baduy merupakan ungkapan rasa syukur warga Baduy atas hasil bumi selama satu tahun kebelakang serta ajang silaturahmi antara masyarakat Suku Baduy dengan pemerintah. Seba Baduy termasuk dalam Kharisma Event Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2024. Diperkirakan sebanyak 1.500 warga masuarakat Baduy baik Baudy Dalam dan Luar akan berpartisipasi dalam kegiatan ini. (ila)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *