TANGERANG RAYA

Fokus Kendalikan Angka Kelahiran, Fasilitasi dan Integrasi Program KBKR Kota Tangerang Digelar

Tangerang, Obornewsbanten.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus berkomitmen merealisasikan kebijakan strategis dalam rangka meningkatkan akses dan kualitas penyelenggaraan Keluarga Berencana (KB) di Kota Tangerang.

Salah satunya, Pemkot Tangerang baru saja menggelar Gebyar Pelayanan KB dalam rangka TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK) serta Fasilitasi dan Integrasi Program Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR) di Kota Tangerang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Tangerang Tihar Sopian menuturkan, kegiatan tersebut merupakan salah satu kebijakan strategis untuk mengendalikan angka kelahiran yang terencana dan terarah, khususnya di Kota Tangerang.

“Kebijakan ini diselenggarakan untuk mencapai indikator Program Bangga Kencana, mulai dari memperluas jangkauan, mendekatkan akses masyarakat, pemerataan pelayanan, sampai upaya tindak lanjut untuk memperkuat komitmen dan kolaborasi bersama mitra kerja di Kota Tangerang,” ujar Tihar di Rumah Sakit (RS) Dinda Kota Tangerang, Selasa (27/8/24).

Ia melanjutkan, kegiatan ini juga dinilai relevan karena menyasar beberapa wilayah khusus yang membutuhkan intervensi lebih lanjut dalam rangka mengakselerasikan kebijakan program Keluarga Berencana (KB).

Beberapa wilayah khusus tersebut, meliputi Kecamatan Cibodas, Kecamatan Periuk dan Kecamatan Jatiuwung yang tergolong wilayah industri dan padat penduduk.

“Kegiatan ini secara khusus menyasar beberapa wilayah di bawah Komando Distrik Militer 0506 dan Komando Rayon Militer 06 lewat berbagai program, mulai dari pemberian bantuan sampai sosialisasi berbasis edukasi mengenai penegndalian angka kelahiran lewat Metode Kontrasepsi Jangka Panjang di Kota Tangerang,” tambahnya.

Selain itu, kegiatan tersebut diharapkan mampu mendorong realisasi kebijakan program keluarga berencana dan kesehatan reproduksi di Kota Tangerang berjalan lebih maksimal.(Rat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *