ADVETORIAL

Disperkimtan Kota Tangerang Sosialisasi Skrining TBC di Lingkungan Rusunawa Manis Jaya

Tangerang, Obornewsbanten.com – Pemerintah Kota Tangerang Dalam hal ini melalui Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan (DisPerkimtan) menggelar kegiatan sosialisasi Skrining TBC di lingkungan Rusunawa di Aula Rusunawa Manis Jaya hari ini, (12/8/24).

Decky Priambodo Koesrindartono Ir.ST,MM,M.Sc Kepala Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan Kota Tangerang mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mendeteksi apakah dilingkungan khususnya rusunawa Manis Jaya ada yg terindikasi penyakit tersebut, kami meminimalisir dengan berbagai upaya salah satunya dengan kegiatan sosialisasi Skrining TBC dan jika ada yang terkena akan segera ditindaklanjuti, ujarnya.

Ahmad Saepudin S.Ag Kepala Rusunawa Manis Jaya mengatakan skrining adalah mengajukan pertanyaan ke warga, nantinya juga ada aplikasi yg bisa di akses dan digunakan oleh warga rusunawa agar bisa mendeteksi Gejala penyakit ini, pengetahuan tentang aplikasi ini nanti di tranfer ke temen-temennya di lingkungan serta nanti membantu melakukan skrining ya begitu kalo misalkan nanti oh saya gak ada kuota nanti nongkrong aja deket kantor tidak apa-apa karena kita mau melakukan skrining gitu jadi jangan sampe terhenti di ibu ya, kalau bisa di tularkan ke temen-temen yang lain sehingga nanti membantu karena ini kalau misalnya sekarang dihitung kita ada kamar sekitar 390an di sini, ujarnya.

Ahmad Saepudin menjelaskan Ibu jangan takut tentang masalah penyakit ini ya justru di sini pemerintah bagaimana berusaha untuk dapat menurunkan jangan sampai terjadi terdampak penyakit jadi silahkan aplikasi itu di isi dengan pertanyaan-pertanyaan dengan jujur karena TBC itu sebetulnya bisa di obati bisa sembuh. Biasanya kalo sudah ada yang kena bisa menular makanya kita lakukan indikasi sedini mungkin melalui aplikasi tersebut, dan nanti di tindak lanjut kalau semua warga di sini sudah mengisi aplikasi nanti di baca oleh pihak Dinkes kalau yang terindikasi, nanti di tindaklanjuti dengan pemeriksaan dahak dan rontgsen. Kami menghimbau kepada ibu-ibu juga yang sudah di lakukan sosialisasi ini harus menguasai aplikasi dan di sebarkan kepada yang lain dan nanti mereka di ajarkan untuk skrining mandiri baik online nanti ada aplikasi nya, setelah di skrining mandiri nanti akan di periksaan apakah dia akan di rontgsen atau di cek dahak nya sesuai dengan indikasi kalau nanti hasilnya positif akan di obati ke puskesmas, ujarnya.

Dr. Rinalco. Co. Franky S Kepala Puskesmas Manis Jaya mengatakan Semua Skpd melakukan kegiatan skrining yang hari ini dilaksanan di rumah susun oleh skpd yang terkait, nanti mereka di ajarkan untuk skrining mandiri baik online nanti ada aplikasi nya, setelah di skrining mandiri nanti akan di periksa apakah dia akan di rongtsen atau di cek dahak nya sesuai dengan indikasi kalau nanti hasilnya positif akan di obati ke puskesmas, ujarnya.

Hadir pada kesempatan ini peserta nya para kader dan warga sekitar di rusunawa. (Advetorial)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *