ADVETORIAL

150 Anak ikuti Vaksinasi Pin Polio Th.2024 di RSU Tangsel

Tangsel, Obornewsbanten.com – Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangerang Selatan menggelar Pekan Imunisasi Nasional (Pin ) Polio Tahun 2024 di Auditorium RSU lantai 8 Rsu Kota Tangerang Selatan pada hari ini (25/7/24).

Dr.Runtika Dewi Sp.A Koordinator Pin Polio Tahun 2024 mengatakan jika tim polio ini sasarannya adalah anak-anak yang berusia dari 0 s/d 7 tahun (0 s/d 8 tahun kurang sehari) kenapa ini di adakan karena adanya KLB Polio untuk virus polio tipe 2 di indonesia maka nya oleh Bapak presiden RI melalui menteri kesehatan disarankan untuk kegiatan tim polio ini dalam mengeradikasi atau memusnahkan virus polio tipe 2 ini, Ujarnya

Dr.Runtika menerangkan untuk daerah Rumah Sakit Umum (RSU) Tangsel saat ini karna yang mendaftar sudah sebanyak 150 anak, kami sudah menyiapkan 3 vial karna 1 vial itu untuk 50 dosis atau untuk 50 orang. Dengan Pendaftaran awalnya online kalau yang mau datang on the spot kami Fasilitasi. Jadi kalau untuk imunisasi atau vaksinasi polio ini dilakukan pada anak yang sehat kalau anak yang sedang demam tinggi atau sakit sedang diare sebaiknya di tunda dulu sampai dia sehat selanjutnya bisa di lakukan. Semua yang mau mendaftar kami persilahkan hanya dengan membawa buku Kia dengan KK. Ada dampak kita mengikuti polio ini, karna kita tau polio ini bisa menyebabkan lumpuh layu berlangsung permanen atau seumur hidup smpai saat ini belum ada obatnya wajib kita laksanakan.

Lebih lanjut Kami memang akan memantau untuk semua anak-anak yang diberi vaksinasi ini apakah akan terjadi kipi yang ringan atau pun berat untuk saat ini berdasarkan data saat ini hanya yang ringan saja polio ini. Untuk imunisasi lanjutan ada 2 minggu yang akan datang. Jadi Karna indonesia sudah di tetapkan oleh WHO sebagai salah satu negara yang beresiko terhadap penularan virus polio ini sebaiknya kita melaksanakan pin polio ini jadi orang tua masyarakat tidak perlu khawatir tidak perlu takut karena yang di lindungi akibat dari penyakit jauh lebih bisa. Untuk polio ini kan penularannya lewat jalur mulut lewat jalur pepaloral jadi kebersihan higeinis harus baik karna penularan ini melalui mulut ke tinja jadi kebersihan pembuangan tinja yang baik harus benar karna bisa jadi salah satu transmisi polio dan lengkapi imunisasi.

Kita berharap, dengan adanya cakupan yang meningkat kita bisa mengedukasi dengan presentasi lebih dari 90% maka nya kita menargetkan harus lebih dari 90%, Virus polio ini termasuk golongan RNA yang di tularkan lewat jalur pepaloral yang masuk lewat mulut di buang ke tinja, terangnya . (Adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *