LEBAK

Pj. Bupati Melaksanakan Peletakan Batu Pertama sekaligus Memantau Jalan Poros Desa Sukadaya-Tambakbaya

Lebak, Obornewsbanten.com – Pj. Bupati Lebak Iwan Kurniawan melaksanakan peletakan batu pertama bersama Kepala Desa dan Camat, sekaligus memantau proses pembangunan Jalan Poros Desa Sukadaya Kecamatan Cikulur – Desa Tambakbaya Kecamatan Cibadak, Selasa (23/7/24). Turut hadir mendampingi Asisten bidang Perekonomian Pembangunan Setda, Kepala Dinas PMD, dan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lebak.

Jalan Poros Desa Sukadaya-Tambakbaya adalah jalan yang menghubungkan dua kecamatan dan tiga desa, yaitu Desa Sukadaya dan Sukarendah di Kecamatan Cikulur, dan Desa Tambakbaya di Kecamatan Cibadak. Pembangunan Jalan Poros Desa ini merupakan hasil kolaborasi dan komunikasi antara Pemerintah Desa dengan Pemerintah Kabupaten, dimana masing-masing desa mengalokasikan anggaran dan pembangunan bersama. Hal ini sesuai dengan Keputusan Bupati Nomor 620/Kep.223-PUPR/2021tentang Penetapan Status Jalan Poros Desa Kabupaten Lebak, yang menyebutkan bahwa Pembangunan Jalan Poros Desa dapat dibangun menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Iwan Kurniawan mengucapkan terima kasih dan apresiasinya kepada Kepala Desa Tambakbaya dan Kepla Desa Sukadaya atas kolaborasinya bersama Pemkab Lebak dalam membangun infrastruktur jalan. Hal tersebut merupakan wujud komitmen pemerintah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kegiatan ini kita jadikan contoh bagi Kepala Desa yang lain akan adanya bentuk kolaborasi yang baik antara Pemkab dan Pemdes, terlebih adanya komunikasi yg baik antardesa yang berbatasan. Saya juga meyakini bahwa Kepala Desa yang lain di Lebak punya komitmen yg sama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” jelas Iwan.

Ia pun berpesan kepada masyarakat untuk selalu merawat dan memanfaatkan jalan tersebut sehingga kebermanfaatannya dapat dirasakan dalam jangka panjang.

Sementara itu Kepala Desa Sukadaya, Suheri menyampaikan kegembiraannya atas pembangunan jalan tersebut. Ia pun menerangkan bahwa pembangunan jalan Desa Sukadaya sudah mencapai 75%.

“Masyarakat Sukadaya menyambut gembira dan antusias pembangunan jalan ini, bahkan masyarakat siang ini akan melaksanakan makan bersama di atas jalan yang sudah dibangun sebagai bentuk rasa syukur,” ungkapnya.

Senada dengan kepala Desa Sukadaya, masyarakat pun mengaku gembira atas terealisasinya pembangunan jalan tersebut.

“Alhamdulillah infrastruktur jalan ini bisa dimanfaatkan untuk kegiatan sehari-hari, yaitu akses ke pasar oleh masyarakat serta akses pendidikan oleh anak-anak sekolah,” ucap ketua RT setempat.

Adapun pembangunan jalan yang dilakukan oleh Desa Sukadaya sepanjang 345 meter, dan 285 meter jalan oleh Desa Tambakbaya. (ILA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *