TANGERANG RAYA

Dinkes Kota Tangerang Minta Masyarakat Waspadai Penyakit Leptospirosis

TANGERANG, Obornewsbanten.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) meminta masyarakat mewaspadai penyakit leptospirosis yang disebabkan oleh bakteri Leptospira dari kencing tikus. Bakteri ini mudah tersebar lewat aliran air maupun genangan saat hujan.

Kepala Dinkes Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni mengimbau kepada masyarakat untuk terus menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di rumah serta lingkungan sekitar.

Agar dapat terhindar dari penyakit Leptospirosis yang dapat menyebabkan kematian apabila tidak ditangani segera.

“Gejala penyakit Leptospirosis ditandai dengan badan menggigil, batuk, diare, sakit kepala tiba-tiba, demam tinggi, nyeri otot, hilang nafsu makan, mata merah dan iritasi. Untuk itu masyarakat diharapkan waspada dengan mencegah penyakit Leptospirosis lewat PHBS,” terangnya.

Ia pun mengungkapkan, penyebaran penyakit Leptospirosis dapat melalui selaput lendir, mata, hidung, kulit yang terluka, hingga melalui makanan.

Untuk itu pentingnya rutin mencuci tangan apabila setelah melakukan aktifitas diluar seperti dari kebun, sawah, atau setelah membersihkan saluran air.

“Untuk mencegah itu, setiap makanan dan minuman wajib ditutup agar terhindar dari tikus. Lalu apabila beraktivitas di luar seperti ke sawah atau kebun, memakai sepatu dari karet yang tinggi serta sarung tangan,” ujar dr. Dini.

Selanjutnya, jika masyarakat yang mulai mengalami gejala penyakit leptospirosis, maka segera periksakan diri ke puskesmas terdekat atau RSUD Kota Tangerang. Tentunya agar mendapatkan penanganan yang tepat. (Rat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *